Daftar pekerjaan yang tak pernah usai dapat memicu terjadinya stres.
Setiap orang berlomba untuk bekerja dengan cepat dan tepat waktu.
Bertemu deadline, hanya fokus pada kekuatan pribadi dapat membuat Anda
merasa tertekan. Untuk itu tak ada salahnya untuk mencoba tips berikut
guna menyeimbangkan stress kala bekerja :
-
Bertindaklah fleksibel
Komunikasi dan waktu yang fleksibel adalah kebutuhan utama dunia
bisnis saat ini. Penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang bekerja
dengan jadwal yang fleksibel akan lebih produktif dan setia kepada
atasannya. Lakukan hal ini pada pekerjaan Anda.
-
Lebih efisien
Bertindaklah efisien dengan waktu pekerjaan Anda. Jangan
menunda pekerjaan yang dapat Anda lakukan dengan segera. Jika Anda harus
menangani suatu projek besar, mulailah dengan menyicilnya sedikit demi
sedikit. Semakin sedikit penundaan waktu yang Anda lakukan, akan semakin
banyak waktu berkualitas yang dapat Anda habiskan bersama orang
terdekat.
-
Buatlah to do list
Tulis
tujuan Anda setiap harinya. Menomorsatukan prioritas mengajarkan Anda
untuk berhasil dan mampu mengontrol segala hal. Realistislah jika memang
harus bekerja dengan deadline. Buatlah to do list Anda, dan pisahkan mana yang menjadi prioritas dan mana yang tidak. Mintalah bantuan orang lain jika memang diperlukan.
-
Berkonsentrasilah dengan musik. Dengarkan musik
favorit Anda saat bekerja untuk membantu konsentrasi Anda, mengurangi
stress dan menstimulasi kreatifitas. Sejak 30 tahun lalu penelitian
menunjukkan berbagai keuntungan dari mendengarkan musik setiap hari,
termasuk mengurangi tekanan darah. Gunakan headphone saat bekerja, perbesar volume suara musik, dan Anda akan kembali bersemangat.
-
Istirahat
Bekerja juga perlu istirahat. Luangkan waktu Anda sejenak
untuk beristirahat, dan lebih santai di sela-sela pekerjaan yang
menumpuk. Break sesaat dapat membersihkan pikiran Anda, dan menambah kemampuan Anda untuk dapat berdamai dengan stres yang dapat kembali hadir.